Kiat-Kiat agar Diabetes tidak Menghantui.

Senin, 29 Juni 2015

Diabetes adalah penyakit serius yang pasiennya terus meroket pada setiap tahun. Karena pola hidup yang kurang baik Jutaan orang terjangkit wabah diabetes ini. Penyakit ini juga lebih rentan menjangkit para Manula. Dikarenakan pola hidup mereka terdahulu tidak sehat sehingga sangat mudah terjangkit ketika telah menjadi Manula. Berikut beberapa kiat- kiat yang dapat anda gunakan agar diabetes tidak menghantui...



1. Tahu apa itu diabetes




     Sebelum melakukan pencegahan, tentu saja anda harus mengetahui dulu apa itu diabetes? Dengan demikian anda akan mengerti apa saja laranga-larangan yang diberikan kepada penderita diabetes. Anda dapat melakukanya dengan check up pada dokter ataupun klinik dekat rumah.

 2. Mengurangi porsi makan

Mengurangi porsi makan setiap hari bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari diabetes.

3. Olahraga

Berolahraga secara teratur setiap hari membantu menjaga berat badan yang ideal, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin. Jadi, berolahragalah setiap hari selama minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula darah dalam rentang normal.

4. Hindari makanan berlemak

Fast food dan makanan yang biasa kita beli di jalan sangat rentan dengan tingginya kandungan lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Hal ini pada akhirnya juga dapat mempengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh. Jadi, hindari Fast food dan makanan berlemak lainnya.

5. Hindari minuman manis

Soda, minuman ringan atau berperasa dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

Demikian kiat-kiat yang dapat anda praktikan sebagai bentuk pencegahan terhadap diabetes. Semoga kita semua dapat terhindar dari penyakit berbahaya seperti diabetes. Amiiin.

Dikutip, Tabloid Gadis, June-2014, Dengan sedikit perubahan