Negara Bagian di Amerika Serikat ini Gunakan Smartphone sebagai Pengganti SIM Kendaraan

Minggu, 28 Juni 2015

Kegunaan smartphone di Amerika Serikat kini tak hanya sebagai alat untuk komunikasi. Namun mulai tahun mendatang, smartphone juga bisa dipakai sebagai pengganti dari kartu surat izin mengemudi (SIM) kendaraan bermotor. Aturan ini pun secara khusus berlaku untuk kawasan negara bagian Iowa.

Pemerintah negara bagian Iowa akan menyediakan sebuah aplikasi yang bisa diunduh secara gratis oleh para pengguna smarthphont. Di situ, mereka akan diberikan nomor Pin untuk melakukan verifikasi identitas. Dan dengan adanya kebijakan ini, maka pengguna smartphone pun tak perlu lagi mengeluarkan dompet pada saat ada petugas kepolisian yang ingin melakukan pemeriksaan.
 
Namun kebijakan ini tak harus diikuti oleh semua masyarakatnya. Para pengendara kendaaraan bermotor di Iowa pun bisa tetap memilih untuk menggunakan kartu SIM biasa. Tak hanya berfungsi sebagai SIM, keberadaan aplikasi tersebut juga memungkinkan untuk bisa dipakai sebagai alat identifikasi pada saat berada di bandara. Jadi, cukup ringkas dan tak terlalu banyak kartu yang tersimpan di dompet.